Review Jurnal
A.
Judul
KEPEMIMPINAN,
BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.
BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MANADO
B.
Jurnal
EMBA
C.
Halaman/Volume
Halaman
955-963, Vol.1 No.4 Desember 2013
D.
Tahun
2013
E.
Penulis
Enrico
Maramis
F.
Reviewer
Yoga
Zuliana Adnan
G.
Tanggal Review
13
April 2016
H.
Tujuan
Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh:
1.
Kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi secara bersama terhadap kinerja
karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Manado.
2.
Kepemimpinan terhadap kinerja karyawan.
3.
Budaya organisasi terhadap kinerja karyawan.
4.
Motivasiterhadap kinerja karyawan.
I.
Metode
J.
Jenis
Jenis
penelitian asosiatif, penelitian asosiatif adalah penelitian yang bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih
K.
Subjek
Populasi
dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
Cabang Manado yang berjumlah 68 orang.Sampel dalam penelitian ini diambil
seluruh populasi yaitu sebanyak 68 responden.
L.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik
sensus
M.
Analisis
Dalam
penelitian ini digunakam alat analisis sebagai berikut :
a.
Uji Validitas
Validitasmenunjukkan sejauh mana suatu alat pengukur (instrument)
itu menunjukkan apa yang ingin diukur. Sebuah konsep tersusun dari beberapa
komponen atau variabel.
b.
Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas adalah indeks yang menunjukkan apakah suatu alat
ukur dapat dipercaya / diandalkan, bila suatu alat ukur dipakai dua kali untuk
mengukur gejala yang sama dan hasil pengukuran yang diperoleh relative
konsisten maka alat ukur tersebut reliabel.
N.
Definisi Operasional Variabel Penelitian
Variabel
dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas serta satu variabel
terikat dengan definisi operasional variabel-variabel tersebut sebagai berikut
:
1. Variabel kepemimpinan (X1) adalah proses mempengaruhi aktivitas
dari individu atau kelompok untuk mencapai tujuan dalam situasi tertentu.
2. Variabel Budaya organisasi (X2) adalah sebagai suatu pola dari
sumber dasar yang diciptakanoleh sekelompok tertantu saat belajar menghadapi masalah.
3. Variabel Motivasi (X3) adalah dorongan yang melandasi semangat
kerja karyawan yang muncul dari diri karyawan.
4. Kinerja Karyawan (Y) adalah sesuatu yang dicapai, kemampuan dan
kemauan karyawan yang dipengaruhi oleh imbalan yang diberikan oleh pimpinan
perusahaan sehingga karyawan terdorong untuk bekerja lebih giat. Penelitian ini
menggunakan skala likert dalam instrument penelitian.
O.
Variabel Dependen
KEPEMIMPINAN,
BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI
P.
Cara & Alat Mengukur Variabel Dependen
Q.
Definisi Operasional Variabel Independen
KINERJA
KARYAWAN PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG MANADO
R.
Langkah-langkah Penelitian
S.
Hasil Penelitian
1.
Kepemimpinan, budaya organisasi, dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja
karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Cabang Manado karena
keterlibatan dan peranan sumber daya manusia dalam kegiatan
perusahaan,mendorong manajemen perusahaan untuk senantiasa memperhatikan
kebutuhan karyawan.
2.
Kepemimimpinan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan
Negara (Persero) Tbk Cabang Manado karena kualitas pemimpin sebagai faktor
penting yang menentukan keberhasilan atau kegagalan organisasi.
3.
Budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan
Negara (Persero) Tbk Cabang Manadokarena budaya organisasi menjadi pedoman
dalam melakukan pekerjaan dalam perusahaan.
4.
Motivasi tidakberpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT.
Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Cabang Manadokarena karyawan dapat
melaksanakan tugasnyasecara maksimum ditentukan oleh motivasi yang mendorong
karyawan itu bekerja dengan tekun, serta disiplin yang diterapkan.
T.
Kekuatan Penelitian
U.
Kelemahan Penelitian
V.
Rekomendasi Hasil Penelitian
1.
Pemimpin sebagai salah satu penentu arah dan tujuan organisasi diharapkan mampu
mengontrol perilaku-perilaku kerja dan mengarahkannya pada kepuasan kerja
pegawai.
2.
Dengan budaya organisasi yang kondusif akan mendorong karyawan untuk
tetbergabung dengan perusahaan untuk meningkatkan kinerja.
3.
Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja
karyawan untuk itu diharapkan kepada pihak Manajemen PT. Bank Tabungan Negara
(Persero) Tbk Cabang Manado agar selalu memberikan motivasi secara
terus-menerus dengan menyediakan penghargaan bagi pegawai yang berprestasi dan
memberikan hukuman kepada pegawai yang melakukan pelanggaran, dengan tujuan
agar para pegawai dapat melaksanakan pekerjannya
4.
Untuk dapat meningkatkan kinerja karyawan dalam perusahaan maka perusahaan
harus dapat menciptakan lingkungan kerja yang baik dan menciptakan hubungan
kerja antara pimpinan dan karyawan
0 komentar:
Posting Komentar